Perjalanan Ke Masigit Kareumbi

/ Sabtu, 23 Mei 2015 /
Aula Kareumbi
Kawasan Taman Buru Masigit Kareumbi merupakan area seluas 12.420,70 hektar yang terletak pada kewenangan tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut. Sebagian besar area berada di Sumedang dan Garut.
Secara geografis kawasan Taman Buru. Gunung Masigit - Kareumbi terletak antara 6° 51′ 31” sampai 7° 00′ 12” Lintang Selatan dan 107° 50′ 30″” sampai 108° 1′ 30” Bujur Timur.

Asal Nama
Masigit diambil dari Pasir Masigit yang terletak di sebelah timur kawasan. Sedangkan Kareumbi berasal dari gunung Kareumbi di sebelah barat kawasan. Kareumbi juga nampaknya diambil dari nama sebuah pohon, yaitu pohon Kareumbi (Homalanthus populneus) yang semestinya dahulu banyak terdapat di gunung tersebut.

Pintu Masuk
Blok KW. (Cigoler)
  • Ditempuh dengan route jalan Bandung – Cicalengka – Sindangwangi – Tanjungwangi – Blok KW. Jarak kota Bandung – Cicalengka (± 30 Km), menggunakan jalan raya propinsi atau dengan kereta api.
  • Dari Cicalengka menuju Sindangwangi (± 13 Km) dengan jalan beraspal hotmix dalam kondisi baik (2009), dari Sindangwangi melintasi Kp. Leuwiliang menuju pintu masuk Blok KW (± 2 Km) berupa jalan aspal kelas III dengan kondisi agak jelek dan sempit.
  • Dari pintu masuk menuju blok KW ±1 km jalan berbatu makadam dengan kondisi agak jelek. Lokasi KW dapat dilalui dicapai oleh kendaraan roda empat, truk tentara dan bis mini (30 seat).

Untuk mempermudah, rute menuju Kawasan Taman Buru Masigit Kareumbi via Jatinangor dapat dilihat pada denah dibawah ini :
Denah Menuju Kareumbi - Via Jatinangor (Google maps)
Dari pengalaman penulis melakukan perjalanan ke Kareumbi dari Bandung, membutuhkan waktu ± 2 jam. Sedangkan jika perjalanan ke Kareumbi dimulai dari Jatinangor dengan rute di atas dapat dilakukan dalam waktu ± 1 jam, karena medan yang dilalui kendaraan cukup sulit.

Kegiatan Ekowisata Kareumbi
Beberapa kegiatan ekowisata yang dapat dilakukan di Masigit Kareumbi antara lain:
  • Hiking
Tersedia paket hiking kampung wisata yang cocok bagi keluarga dan hiking curug sabuk (1 day trip) untuk anda yang lebih advance dan senang berjalan kaki. Setiap paket sudah termasuk jasa pemandu wisata lokal. Kenali berbagai tanaman lokal yang bermanfaat (atau beracun)!.
  • Body Board
Bersepeda/ Mountain Biking. Telah tersedia rute cross country (5km) dan family track (1km). Anda dapat membawa sendiri sepedanya atau menyewa dengan perjanjian terlebih dahulu. Tersedia guide bersepeda yang berpengalaman untuk memandu anda melewati track yang penuh kejutan!
  • Bumi Perkemahan
Kini telah dipersiapkan 4 titik bumi perkemahan yang sesuai bagi kebutuhan anda. Camping ground (CG) A untuk grup besar sampai 150 orang. Camping ground B untuk kelompok menengah sampai 100 orang. CG Kiara Payung untuk kebutuhan pendidikan dasar dan CG Saninten untuk kelompok kecil sampai 20 orang.
  • Home Stay Cigumentong
Keunikan tersendiri karena hanya di Kareumbi anda bisa merasakan hidup bersama warga desa Cigumentong, perkampungan enclave yang berada di dalam kawasan hutan. Mandi di pancuran dan merasakan air pegunungan, ikut berkebun, memasak di tungku perapian dengan menu khas dan kegiatan-kegiatan lain yang bahkan tidak dapat anda bayangkan sebelumnya.
  • Rumah Pohon Kareumbi
Rumah Pohon Kareumbi menawarkan sensasi menginap di tengah hutan pinus dengan fasilitas kelengkapan tidur seperti matras, sleeping bag, kasur tidur dan kamar mandi eksotis yang cukup representatif. Area yang cukup terpencil dikelilingi oleh sungai kecil yang jernih, akan membuat anda dan keluarga merasakan pengalaman yang unik.
  • Bersampan/ Indian Canoe
Rasakan nikmatnya mengarungi sungai dengan kano indian, masuk ke area penangkaran rusa dan berinteraksi lebih dekat dengan satwa langka itu menjanjikan pengalaman unik bagi anda dan keluarga. Dilengkapi dengan pelampung dan guide perahu yang berpengalaman.
  • Body board/ tubing
Bersampan terlalu biasa bagi anda? cobalah tubing. Nikmati menyusuri sungai sepanjang 1km dengan menggunakan ban truk yang telah dimodifikasi. Persiapkan mental, karena batu sungai dan arus liar.

Aktifitas lain yang segera akan dapat anda nikmati dan sedang kami persiapkan:
  1. High and low rope course
  2. Birdwatching
  3. 4wd trip
  4. Menangkap kelinci
  5. Paintball : Perang Hutan
Berikut ini beberapa dokumentasi penulis saat berkunjung ke Kareumbi.













Sumber :
https://kareumbi.wordpress.com/program/

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Jangan lupa follow blog ini :)

About


Buff - Planet Earth

Pengikut

 
Copyright © 2010 Manuskrip , All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger