Beda Geodesi Geologi Geografi Geofisika

/ Senin, 29 Agustus 2016 /
Di kesempatan kali ini saya akan membahas perbedaan Geologi dan Geodesi, dengan disertai dua ilmu lain yaitu Geografi dan Geofisika. Sujujurnya memang agak rumit membedakan keempat ilmu ini, karena keempatnya sering beririsan satu sama lain dalam minor pembelajaran/ pendalaman ilmunya.

Namun, kalau kita lebih menitik beratkan pada pokok keilmuan masing-masing tentulah dapat ditemukan perbedaan mendasar antar keempat ilmu tersebut. Kalau ngga beda, kenapa harus dibedain, jadi pasti bisa dibedakan hehehe.

Dari segi pengertian dari wikipedia.org maka akan cukup jelas perbedaannya jika kita ambil kata-kata kunci sebagai berikut :
  1. Geodesi : mempelajari pemetaan bumi dan penentuan posisi di bumi.
  2. Geologi : mempelajari komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukan bumi.
  3. Geografi : mempelajari lokasi serta variasi keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi
  4. Geofisika : mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika.
Jadi kalau nanya Koordinat atau posisi baik di darat maupun di laut, ke anak Geodesi. Tanya batuan, mineral, fosil, dan sejarah terbentuknya suatu fenomena alam ke Geologi. Tanya tentang bumi secara lebih umum, bisa tentang bumi secara fisik hingga hubungannya dengan manusia ke Geografi. Tanya di dalam bumi ini ada apa, materialnya atau strukturnya yang dianalisasi pakai prinsip fisika ke Geofisika. Atau untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu di bawah ini :

GEODESI
Peta jaman perdagangan laut
Geodesi menurut pandangan awam adalah cabang ilmu geosains yang mempelajari tentang pemetaan bumi. Geodesi lebih berhubungan dengan penentuan posisi di bumi. - wikipedia.org

Geodesi berasal dari bahasa Yunani, Geo (γη) = bumi dan daisia / daiein (δαιω) = membagi, kata geodaisia atau geodeien berarti membagi bumi. Sebenarnya istilah “Geometri” sudah cukup untuk menyebutkan ilmu tentang pengukuran bumi, dimana geometri berasal dari bahasa Yunani, γεωμετρία = geo = bumi dan metria = pengukuran. Secara harafiah berarti pengukuran tentang bumi. Namun istilah geometri (lebih tepatnya ilmu spasial atau keruangan) yang merupakan dasar untuk mempelajari ilmu geodesi telah lazim disebutkan sebagai cabang ilmu matematika.

Peralatan penentuan posisi di daratan
Dalam bahasa yang berbeda, geodesi adalah cabang dari ilmu matematika terapan, yang dilakukan dengan cara melakukan pengukuran dan pengamatan untuk menentukan:
  • Posisi yang pasti dari titik-titik di muka bumi
  • Ukuran dan luas dari sebagian besar muka bumi
  • Bentuk dan ukuran bumi serta variasi gaya berat bumi
Penentuan Posisi di Laut / Bathimetry hidrografi
Saat ini teknik geodesi tidak lagi hanya berhubungan dengan survei dan pemetaan di darat dan laut. Perkembangan teknologi komputer digital telah memperluas ruang lingkup keilmuan dan keahlian teknik geodesi. Peta telah dikelola sebagai informasi geografis berkomputer. Itu sebabnya dunia internasional telah mengadopsi terminologi baru: Geomatika atau Geoinformatika.


GEOLOGI
Seorang geologist
Geologi (berasal dari Yunani: γη- [geo, "bumi"] dan λογος [logos, "kata", "alasan"]) adalah Ilmu (sains) yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukan bumi - wikipedia.org

Ilmu Geologi memiliki beberapa cabang ilmu lain yang lebih spesifik, antara lain :

1. Mineralogi
Studi tentang mineral secara megaskopis dan menentukan nama mineral dari hasil deskripsi (sifat fisik, belahan, goresan, warna, kilap, dll)

2. Petrologi
Studi tentang batuan, asal mula pembentukannya, klasifikasinya, tempat pembentukan dan pengendapannya, serta penyebarannya baik di dalam maupun di luar perut bumi.


3. Geologi Struktur (King of Geology)
Studi mengenai perubahan bentuk2 kerak bumi yg diakibatkan oleh gaya sehingga menghasilkan struktur geologi berupa lipatan, patahan, kekar, dan lain2.
4. Geomorfologi
Studi tentang bentang alam dan proses2 yg mempengaruhinya.

Contoh hasil interpretasi stratigrafi
5. Stratigrafi (Queen of Geology)
studi tentang perlapisan batuan, penyebaran, komposisi, ketebalan, umur dan korelasi lapisan batuan.
6. Geokimia
pada dasarnya adalah studi mengenai komposisi kimia bumi. mempelajari keberadaan unsur2 isotop di bumi, dll.
7. Paleontologi
Studi tentang segala aspek kehidupan masa lampau berupa fosil baik makro ataupun mikro yg di temukan dalam batuan.

GEOGRAFI
Cabang ilmu geografi
Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta variasi keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo ("Bumi"), dan graphein ("tulisan", atau "menjelaskan"). - wikipedia.org
  • Prof. Bintarto (1981) 
Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.
  • Hasil seminar dan lokakarya di Semarang (1988) 
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan, dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

Pada intinya geografi memiliki cakupan yang luas, karena tidak hanya mempelajari bumi secara fisik, namun juga mempelajari aspek hubungan bumi dengan budaya dan sosial manusia.

GEOFISIKA

Geofisika adalah bagian dari ilmu bumi yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. - wikipedia.org

Penelitian geofisika untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan bumi melibatkan pengukuran di atas permukaan bumi dari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan di dalam bumi. Dari pengukuran ini dapat ditafsirkan bagaimana sifat-sifat dan kondisi di bawah permukaan bumi baik itu secara vertikal maupun horisontal.

Pengukuran Geofisika metode seismik aktif
Dalam skala yang berbeda, metode geofisika dapat diterapkan secara global yaitu untuk menentukan struktur bumi, secara lokal yaitu untuk eksplorasi mineral dan pertambangan termasuk minyak bumi dan dalam skala kecil yaitu untuk aplikasi geoteknik. Di dalamnya termasuk juga meteorologi, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer. 


Klik gambar dibawah ini, agar terbaca jelas.
Metode Geofisika
Nah itu dia pembahasan mengenai Geodesi, Geologi, Geografi dan Geofisika. Semoga membantu memberikan pemahaman kita sekalian mengenai keempat cabang ilmu di atas. Terimakasih.

Open for discussion.


Daftar Pustaka :
https://id.wikipedia.org/wiki/Geodesi
https://id.wikipedia.org/wiki/Geologi
https://id.wikipedia.org/wiki/Geofisika
https://id.wikipedia.org/wiki/Geografi
http://jurnal-geologi.blogspot.co.id/2009/07/geo-pengertian-geologi.html

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Jangan lupa follow blog ini :)

About


Buff - Planet Earth

Pengikut

 
Copyright © 2010 Manuskrip , All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger