Sebenarnya siapa yang salah sih ?

/ Jumat, 19 Oktober 2012 /

Biasanya saat ada seseorang yang pergi ke luar negeri dan ditanya oleh seseorang di jalan,"Kamu dari negara mana?".

Lalu orang itu menjawab,"Saya dari negara Indonesia".

Seseorang di jalan itu kembali bertanya,"Dimana itu Indonesia? Negara apa itu Indonesia?"

Orang itupun menjelaskan dengan panjang lebar kalo Indonesia itu berada di antara Asia dan Australia, negara ini adalah negara Kepulauan terbesar dengan jumlah penduduk terbesar ketiga di Dunia. Indonesia memiliki ribuan suku bangsa, ribuan bahasa, makanan khas, objek wisata. Indonesia adalah negara yang sangat indah. Orang ini pun menutup penjelasannya dengan sebuah pertanyaan,"Bali itu ada di Indonesia. Anda tahu Bali?"

Seseorang di jalan itu menjawab dengan semangat,"Ya tentu saya tahu. Saya dengar Bali sangat indah. Memiliki banyak pantai yang indah pula. Tapi saya baru tahu kalau Bali itu ada di Indonesia".

Itulah secuplik percakapan antara dua orang yang baru saling kenal. Yang satu dari Indonesia dan yang satu entah dari mana, yang pasti dari luar negeri ya. Sekarang kembali ke Judul sebenarnya kenyataan seperti ini sebenarnya kesalahan siapa?

Mungkin kesalahan orang Indonesia.
Ya... Dalam benak kita pasti ini kesalahan kita sebagai orang Indonesia. Karena kita kurang mempromosikan negeri kita ke luar negeri. Kesalahan kita karena kita miskin prestasi, sehingga kurang dikenal dunia Internasional.
Atau mungkin kesalahan orang Luar Negerinya.
Coba pikirkan... Indonesia punya kekayaan yang sangat melimpah, baik Sumber Daya Alamnya. Hingga Sumber Daya Manusianya dalam hal ini kebudayaannya. 'Katanya' orang-orang bule itu pinter kan. Nah... Masa mereka nggak tahu sih ada negara yang namanya Indonesia? Apa mereka nggak belajar di SD? Coba tanya anak SD Indonesia. Tanya coba, negara-negara di dunia pasti mereka tahu, atau setidaknya pernah mendengar.

Bertolak dari semua itu, siapapun yang salah. Saya ingin mengajak kepada siapapun yang membaca artikel ini untuk bersama-sama meraih prestasi setinggi-tingginya, untuk Indonesia. Prestasi tak harus menang dalam kejuaraan, yang terpenting kita  memberikan karya terbaik kita sesuai dengan bidang kita. Itu saja sudah cukup.

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Jangan lupa follow blog ini :)

About


Buff - Planet Earth

Pengikut

 
Copyright © 2010 Manuskrip , All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger