12 Jam Interaksi Osjur... Wooow...

/ Sabtu, 06 Oktober 2012 /
Pagi ini bangun jam 4.00 buat ngejarkom bangun pagi, buat kumpul angkatan jam 06.00. Kita ada kumpul Osjur jam 08.00 pagi. Diminta kesigapan buat bikin barisan dengan berbagai variasi. Wuiiiihhh porak poranda... Sampai 100 hitungan lebih... wkwkwk (maklum masih pertama kali bikin barisan gitu...).

Tapi jujur materi hari ini asik dan bermanfaat banget buat kehidupan ke depan menghadapi masa kuliah di Teknik Geodesi dan Geomatika. Jadi jurusan ini, terbagi menjadi 4 Kelompok Keahlian/Keilmuan yang berbeda : 
  • KK Geodesi
  • KK Survey dan Kedaster
  • KK Penginderaan Jauh dan Informasi Geografis
  • KK Hidrografi
Selain itu Geodesi 2011 dikasih tahu tentang banyak banget Laboratorium yang menunjang keilmuan Geodesi dan Geomatika di Indonesia. Semua rangkaian ini berakhir pukul 15.00. Kami kembal ke Basecamp, untuk melakukan evaluasi. Evaluasi berjalan hingga 17.00. Di saat saat akan pulang ke kosan, senior berjaket Orange datang, melarang kami pulang dan akhirnya interaksi dilanjutkan di Basecamp hingga lelah dan kantuk melekat di badan. Akhir dari semua ini, adalah pukul 18.45.

Kalau dihitung lebih dari 12 jam dari hari ini yang kuhabiskan untuk Osjur. Padahal ada banyak sekali hal yang harus dilakukan hari ini.

Tapi materi sore adalah materi yang paling menginspirasi saya. Materi ini disampaikan oleh Presiden KM ITB periode ini yang kebetulan dari Prodi Geodesi dan Geomatika. Anjar Dimara Sakti. Beberapa hal yang di sampaikan Senior yang satu ini diantaranya :

Sebenarnya Geodesi dan Geomatika ini luas, sangat luas. Segala hal yang ada di permukaan bumi sesungguhnya adalah bagian dari Geodesi dan Geomatika. Ya... Pemetaan dan data spasial. Tapi perlu diingat, di jaman yang serba global ini kita harus benar-benar ahli di bidang kita, atau akan ada orang di bidang lain yang meng-klaim kalau sebagian dari bidang milik kita adalah milik mereka.

"Super-Team, not superman"

"Permasalahan akan selalu datang sesuai dengan kualitas diri kita"

"Tips Komunikasi : Amati, Tirum Modifikasi"

"Sukses adalah ketika kita bisa menambahkan nilai dari suatu barang, manusia, atau apapun. hal ni juga berlaku juga pada suatu keilmuan, dalam hal ini Geodesi dan Geomatika"

Antara mimpi dan kemampuan/kenyataan itu ada sebuah GAP atau jarak. Untuk dapat mempertemukan mereka berdua, hanya ada dua cara yakni :
Menurunkan standart mimpimu atau menaikkan kemampuan dan kompetensimu.

Akhir dari semua ini saya ingin berteriak dengan lantang dengan membubuhkan beberapa kata di belakang ikrarku saat SMA :

"... memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara dan dunia, lewat Geodesi dan Geomatika."

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Jangan lupa follow blog ini :)

About


Buff - Planet Earth

Pengikut

 
Copyright © 2010 Manuskrip , All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger