Tes Wawancara dan Wawasan Perumnas 2015

/ Kamis, 01 Oktober 2015 /
Halo halo halo...
Di kesempatan kali ini, saya ingin berbagi mengenai pengalaman mengikuti tes wawancara di Perumnas. Sebelumnya, mungkin ada baiknya kita kenalan dulu sama Perumnas, supaya kebayang ya ke bawah - bawahnya. Nah... secara garis besar Perumnas adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang perumahan dan pemukiman, khususnya berperan sebagai developer untuk membangun perumahan dan pemukiman rakyat kelas menengah ke bawah. Dilihat dari sejarahnya Perumnas sudah didirikan dari tahun 1974, hingga sekarang Perumnas sudah melaksanakan proyek di 34 Provinsi di Indonesia.

Logo Perumnas yang baru
Okay lanjut ke pembahasan sesuai judul artikel ini ya...
Kemarin tanggal 29 September 2015, saya berkesempatan untuk dapat mengikuti Tes Wawancara dan Tes Praktek yang dilaksanakan di Perumnas region IV (Jl. Surapati No.120 Bandung). Saya sudah datang bersama teman saya, Rianto dari pukul 07.30 pagi di tempat. Namun, ternyata panitia masih menyiap - nyiapkan tempat dan peralatan tes, bahkan briefing antar mereka dilakukan didekat peserta wawancara (kelihatan banget sih belum ada persiapan sebelumnya, hehe). Okay... panitia pun akhirnya siap di jam 09.00 (lumayan lama, dan disitu hanya melihat panitia yang mondar-mandir siap-siap), dan dimulai dengan pengumpulan berkas yang sudah diminta untuk mengisi sebelumnya. Dokumen yang diminta adalah formulir 6 lembar yang berisi biodata, keluarga, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, prestasi, keterangan melamar di perusahaan lain, gaji dll.

Apa aja sih yang ditanyain dalam sepanjang wawancara ?
Sebagian besar pertanyaan selama wawancara adalah pertanyaan seputar yang ada di formulir tadi. Intinya menceritakan ulang apa yang sudah tertulis di dalam formulir. Contoh :
  1. Coba ceritakan diri anda, mencakup keluarga, riwayat pendidikan dan pekerjaan !
  2. Apa masalah terberat yang pernah saudara hadapi dan bagaimana saudara menyelesaikannya ?
  3. Apa inovasi yang pernah saudara lakukan ?
  4. Apa cita - cita besar saudara ?
  5. Mengapa saudara memilih Perumnas sebagai pilihan dalam melamar pekerjaan ?
  6. Apakah saudara melamar di perusahaan lain ?
Dan selebihnya adalah pertanyaan teknis tentang jurusan kita, tentunya kalau saya ya tentang Teknik Geodesi. Contoh :
  1. Apa sumbangsih yang dapat saudara berikan ke Perumnas berkaitan dengan Teknik Geodesi ?
  2. Apakah saudara pernah belajar tentang cut and fill ? Coba saudara jelaskan !
  3. Apakah suadara pernah mempelajari tentang dunia sipil dan konstruksi ?
  4. Apa saudara berpengalaman ke lapangan saat di Teknik Geodesi ?
Itu dia tadi pertanyaan - pertanyaan pokok yang ditanyakan selama Tes Wawancara Perumnas selama kurang lebih 45 menit. Selanjutnya tes wawasan, ngapain aja di tes wawasan ? Oh ya sebelumnya perlu diketahui kalau sebelum tes ini sudah diberitahukan kalau peserta tes dari jurusan teknik diwajibkan membawa Laptop yang sudah terinstal beberapa software untuk dapat membantu dalam tes. Untuk Teknik Geodesi diharuskan sudah terinstal AutoCAD.
  1. Diberikan pertanyaan pilihan ganda yang soalnya berjumlah sekitar 25 yang dibagi menjadi beberapa bagian, di antaranya :
    • Aplikasi Geodesi
    • Transformasi Koordinat
    • Pemanfaatan GPS
  2. Diberikan pertanyaan Essai yang mencakup praktek menggunakan AutoCAD dan pertanyaan tentang apa sumbangsih Teknik Geodesi dalam bidang kerja Perumnas.
Pengen cerita juga euy kemarin pas tes, saya sudah instal AutoCAD Land Dekstop 2009 di laptop. Tapi ternyata ada masalah cukup besar, karena data yang harusnya jadi pertanyaan ngga bisa kebuka di laptop saya. Okay... Disini saya mulai agak panik, akhirnya saya keluar ruang tes untuk meminjam laptop Rianto, saya curiga kesalahan terletak pada laptop saya atau karena AutoCAD saya tidak terinstal dengan sempurna. Tapi ternyata di laptop Rianto, data juga tidak dapat terbuka. Ternyata data yang dimiliki Perumnas tersimpan dalam AutoCAD 2010. Terpaksa saya instal AutoCAD 2013 di tempat tes. Untungnya panitia sedang berbaik hati. Saya diberikan waktu tambahan untuk menginstal AutoCAD. Waktu pengerjaan tes wawasan yang harusnya 45 menit, baru dimulai saat data AutoCAD Perumnas bisa terbuka di laptop saya. Alhamdulillah... Tes ini dapat saya lalui dengan baik, walaupun ada kendala tadi. Semoga semuanya berakhir indah. Amin. Mohon doanya ya dari sahabat pembaca sekalian.

Akhirnya kita sudah diujung artikel ini, terimakasih sudah mampir di blog ini.
Semoga bermanfaat.

Salam,

Note : Open for discussion :)

Silahkan mampir juga ke artikel Berkarir di Perum Perumnas

13 comments:

Anonim on: 18 April 2016 pukul 21.02 mengatakan...

Salam kenal Mas Andrean saya mau bertanya, untuk tes AutoCADnya diberikan study case lalu dibuat desainnya atau bagaimana mas teknisnya? Terima kasih

{ Admin } on: 27 April 2016 pukul 20.45 mengatakan...

Untuk tes AutoCAD Arsitektur diberikan spesifikasi rumah, kemudian diminta untuk membuat denah dan tampak. Kalau Geodesi, diminta menghitung Koordinat ketiga dari 2 titik yang sudah diketahui, memanfaatkan tools di AutoCAD.
Semoga membantu.

Anonim on: 11 Mei 2016 pukul 19.22 mengatakan...

kalau untuk jurusan Teknik Industri, tesnya AutoCAD seperti apa mas?

{ Admin } on: 12 Mei 2016 pukul 23.55 mengatakan...

Untuk tes AutoCAD setahuku kemarin hanya jurusan Geodesi, Arsitektur, Sipil aja. Yang lain ngga pakai tes AutoCAD. Mungkin tes wawasannya hanya berupa soal tertulis yang harus dijawab. Tapi setiap tahun bisa berbeda proses seleksinya. Jadi ikuti saja. Semoga cukup memberi gambaran.

Anonim on: 7 Juni 2016 pukul 23.56 mengatakan...

Terimakasih mas Andrean atas sharing pengalamanya, kalau boleh saya bertanya, untuk tes autocad dan tes wawasan teknik sipil seperti apa?
kebetulan saya juga akan melaksanakan tes tahap III bulan ini
Mohon doa nya.
Terimakasih

{ Admin } on: 8 Juni 2016 pukul 06.41 mengatakan...

Kebetulan kemarin ngga deket an sama Teknik Sipil pas tes, jadinya ngga tahu ngerjain apanya. Maap ya.

{ Admin } on: 8 Juni 2016 pukul 06.41 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
{ kafil mawaidz } on: 13 Juni 2016 pukul 02.47 mengatakan...

maaf mas andrea, saya mau tanaya kalau jurusan elektro pakek bawa laptop nggak ya?

{ Admin } on: 13 Juni 2016 pukul 04.42 mengatakan...

Halo Kafil...
Maap diangkatanku kayaknya ngga ada jurusan Elektronya. Dan kulihat di Pengumuman angkatanmu, ngga ada disuruh jurusan Elektro bawa laptop. Tapi buat jaga-jaga, mending bawa aja.

{ Mardika'sheart } on: 21 Juni 2016 pukul 06.08 mengatakan...

Maaf mas mau tanya, pewawancaranya brp org dan siapa saja? Para direktur kah? Saya basic dr non tekhnik, jd hanya wawancara saja? Setelah itu lolos lngsg test MC atau ada test EPT seperti thn 2012? Terimakasih :)

{ Admin } on: 26 Juni 2016 pukul 18.24 mengatakan...

Halo Mifta...
Maaf untuk pertanyaanmu aku juga ngga tahu jawabannya, karena yang kutahu cuma jalur reguler. Dan kebetulan saat ini aku ngga ditempatin di SDM Pusat. Sorry... Tapi saranku sih, terus ikutin informasi terkini aja lewat email dan web perumnas.co.id disana pasti dikasih informasi lengkap kok. Semoga sukses Mifta, dan semoga membantu.

{ Unknown } on: 3 Agustus 2016 pukul 19.43 mengatakan...

Halo mas, boleh minta kontak nya ?

{ Admin } on: 30 Desember 2019 pukul 17.43 mengatakan...

Seiring dengan dibukanya kembali rangkaian Rekrutmen Perumnas 2019 2020, silahkan untuk kawan-kawan yang ingin bertanya.

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Jangan lupa follow blog ini :)

About


Buff - Planet Earth

Pengikut

 
Copyright © 2010 Manuskrip , All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger