Hakikat Kegagalan

/ Kamis, 09 Mei 2013 /


Apa itu gagal ?
Kegagalan adalah suatu hasil yang kita dapat setelah kita melakukan sesuatu, dimana hasil tersebut berada dibawah dari target yang kita ingin dapatkan.

Apa akibatnya kalau kita gagal ?
Kegagalan akan membuat kita mengulang lagi suatu proses, untuk mendapatkan target yang telah kita tentukan sendiri. Pengulangan proses tersebut, jika dilakukan sama persis dengan sebelumnya, maka hasilnya akan sama pula. Tapi jika kita menambahkan usaha dan mempersering doa dalam perulangan tersebut, maka niscaya kegagalan tidak akan datang untuk kedua kalinya.

Apa yang membuat kita gagal ?
Kegagalan bisa dipicu banyak hal. Ada yang berasal dari internal diri kita dan ada pula yang berasal dari eksternal diri kita. Contoh penyebab kegagalan dari internal adalah kurang kuatnya motivasi pada langkah awal kegiatan kita. Hal ini mengakibatkan semangat kita akan mudah goyah di tengah - tengah proses yang akan kita jalani menuju impian kita. Contoh penyebab kegagalan dari eksternal sangat banyak dan bermacam-macam, tergantung dari proses yang akan kita lakukan tersebut bersinggungan dengan pihak eksternal siapa saja.

Apa yang harus kita lakukan saat kita gagal ?
Kegagalan akan membuat kita menyesal. Menyesal itu perlu, sebagai cambuk kita agar kita dapat kembali melangkah ke dapan. Hal tidak baik adalah penyesalan yang berkepanjangan. Kita harus segera move on dari kegagalan yang kita dapatkan.

Refleksi :
Kegagalan pasti berujung pada penyesalan : Penyesalan akan usaha yang kurang maksimal, penyesalan atas kesalahan mengambil keputusan dan berbagai penyesalan lain sesuai dengan kegagalan kita masing-masing. Penyesalan itu timbul karena apa yang kita impikan tidak dapat kita capai. Penyesalan akan hadir dengan sangat mendalam saat kita merasa telah memberikan usaha paling maksimal dari diri kita, namun hasil dengan kegagalan masih tetap menghinggapi kita. Penyesalan akan timbul karena kita merasa tidak diperlakukan secara adil oleh hukum alam, sudah sepantasnya jika usaha yang kita lakukan begitu besar, hasilnya pun juga berbanding lurus dan sejalan. 

Kegagalan adalah proses menuju pendewasaan. Kegagalan akan memacu kita agar kita tidak melakukan proses yang sama dalam hidup. Kegagalan akan membuka mata bahwa proses yang kita jalankan dalam hidup ini masih kurang tepat. Kegagalan akan membuat otak kita bekerja, sehingga kita mendapatkan jalan menuju proses yang baru. Kegagalan akan membuat nurani kita semakin kuat, karena saat kegagalan itu datang, maka semangat yang begitu kuat akan tumbuh untuk tidak mengulang proses yang sama kembali.

Kegagalan adalah awal dari keberhasilan jika kita mau belajar darinya. Kegagalan beruntun akan terus datang jika tidak mau belajar dari proses sebelumnya.

Saat pembelajaran akan proses sebelumnya telah kita dapatkan, dengan diiringi oleh semangat yang kuat percayalah, bahwa keberhasilan dan kebahagiaan itu akan hadir di saat yang tepat.

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Jangan lupa follow blog ini :)

About


Buff - Planet Earth

Pengikut

 
Copyright © 2010 Manuskrip , All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger