Hari 2 LKO : Ambil Bagian dalam IMG ITB

/ Sabtu, 19 Januari 2013 /
Hari sudah mulai berganti dari terang menjadi gelap, ane berangkat ke kampus buat ikut LKO hari kedua. Awalnya diperjalanan nggak hujan. Eh tapi... ternyata pas udah nyampe Jalan Juanda (Dago), kurang 500 meter dari kampus, Hujan deras nggak nyantai turun dengan tiba-tiba. Tanpa gerimis, tanpa tanda-tanda, tiba-tiba deres aja tuh hujan. Perjuangan banget dah... Sempat berteduh sebentar, tapi tuh hujan masih tetep deres. Akhirnya karena nggak enak kalau dateng terlambat, ane jalan lagi walaupun masih hujan. Hasilnya... Jaket IMG yang basah :D.

Yang di atas itu cuma intermezo gan... Kemaren malem LKO hari kedua materi di awalnya mirip ama materi OSKM. Seperti : 

Pengertian Mahasiswa

Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, institut atau akademi. Mereka yang terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi dapat disebut sebagai mahasiswa. Tetapi pada dasarnya makna mahasiswa tidak sesempit itu. Terdaftar sebagai mahasiswa di sebuah Perguruan Tinggi hanyalah syarat administratif menjadi mahasiswa, tetapi menjadi mahasiswa mengandung pengertian yang lebih luas dari sekedar masalah administratif itu sendiri.
Menyandang gelar mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan. Betapa tidak, ekspektasi dan tanggung jawab yang diemban oleh mahasiswa begitu besar. Pengertian mahasiswa tidak bisa diartikan kata per kata, Mahasiswa adalah Seorang agen pembawa perubahan. Menjadi seorang yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh suatu masyarakat bangsa di berbagai belahan dunia.
sumber : klik disini !

Tujuan Mahasiswa

Berdasarkan tugas perguruan tinggi yang diungkapkan M.Hatta yaitu membentuk manusisa susila dan demokrat yang
  • Memiliki keinsafan tanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat
  • Cakap dan mandiri dalam memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan
  • Cakap memangku jabatan atau pekerjaan di masyarakat

Berdasarkan pemikiran M.Hatta tersebut, dapat kita sederhanakan bahwa tugas perguruan tinggi adalah membentuk insan akademis, yang selanjutnya hal tersebut akan menjadi sebuah fungsi bagi mahasiswa itu sendiri. Insan akademis itu sendiri memiliki dua ciri yaitu : memiliki sense of crisis, dan selalu mengembangkan dirinya.
Insan akademis harus memiliki sense of crisis yaitu peka dan kritis terhadap masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya saat ini. Hal ini akan tumbuh dengan sendirinya bila mahasiswa itu mengikuti watak ilmu, yaitu selalu mencari pembenaran-pembenaran ilmiah. Dengan mengikuti watak ilmu tersebut maka mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai masalah yang terjadi dan terlebih lagi menemukan solusi-solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.
Insan akademis harus selalu mengembangkan dirinya sehingga mereka bisa menjadi generasi yang tanggap dan mampu menghadapi tantangan masa depan.
sumber : klik disini !

  • Posisi : Masyarakat sipil terpelajar
  • Peran :
    • Guardian of value
    • Iron stock
    • Agent of Change
  • Potensi adalah sesuatu yang tersimpan, sesuatu yang perlu untuk digali dan dikembangkan, baik itu yang baik maupun yang buruk. Potensi mahasiswa sebagai pemuda antara lain adalah kritis. Kritis itu adalah tanggap terhadap masalah dan berusaha menyelesaikan masalah dengan pemikiran-pemikiran yang benar. Selain kritis mahasiswa juga punya potensi idealis, idealis disini karena mahasiswa sebagai manusia-manusia yang dididik dalam suasana kampus yang ideal. Masyarakat sekitar mereaka yang idealis ataupun sejak kecil mereka belum pernah merasakan realism kehidupan. Mahasiswa juga memiliki potensi sebagai penggerak yang independen. Independen maksudnya mahasiswa mampu bergerak sendiri, mahasiswa sebagai memiliki ilmu-ilmu yang variatif bisa saling berkoordinasi membentuk sebuah gerakan yang mandiri tanpa campur tangan oknum lain termasuk pemerintahan. Selain itu juga mahasiswa memiliki kreatifitas, daya juang yang tinggi dan lain-lain. sumber : Klik disini !

Organisasi adalah Kumpulan beberapa orang yang berkumpul untuk mewujudkan suatu tujuan bersama. Organisasi dibedakan menjadi dua, yakni :
  • Organisasi Non - Formal : Organisasi yang terbentuk secara spontan karena suatu kesamaan yang dimiliki oleh para anggotanya, bisa kesamaan hobi, kegemaran dll. Oleh karenanya, organisasi ini tidak memiliki landasan tertulis yang kuat. Tujuannya untuk berkumpul dan saling sharing kesamaan yang mereka miliki.
  • Organisasi Formal : Organisasi yang terbentuk dengan landasan yang jelas dari awal. Sehingga mereka memiliki dasar tertulis yang kuat untuk mencapai suatu tujuan bersama organisasi.

Organisasi Kemahasiswaan adalah Suatu organisasi yang berfungsi untuk mengembangkan potensi mahasiswa di luar potensi akademisnya.

Sampai disini... Tadi malam ane harus mengerti bahwa ane dan teman-teman sekarang ada dalam suatu organisasi kemahasiswaan bernama IMG ITB. Sudah selayaknya ane tahu apa bagian ane, peran ane di dalam organisasi tersebut, hingga akhirnya ane bisa melakukan banyak hal untuk mencapai tujuan organisasi.

"IMG suatu Organisasi Formal"
Harus ngerti Guide book (AD ART IMG ITB)

Selebihnya kemarin dilakukan pengenalan tentang AD/ART IMG ITB itu sendiri. Penjelasannya panjang lebar sampai detil per BAB > Pasal > Ayat. Kamarin sih masih membahas tentang masalah Anggaran Dasar organisasi, seperti Sifat, Tujuan Organisasi dll. Dilanjutkan dengan pembahasan tentang Keanggotaan IMG ITB, seperti Hak Kewajiban Anggota, Sanksi sampai membahas tentang MPA dan BPH IMG ITB. Malam udah larut... Hingga akhirnya ane pulang :)

2 comments:

{ Unknown } on: 7 Desember 2013 pukul 06.55 mengatakan...

Berguna ga LKOnya pak?

{ Unknown } on: 7 Desember 2013 pukul 06.56 mengatakan...

Berguna ga LKOnya pak?

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Jangan lupa follow blog ini :)

About


Buff - Planet Earth

Pengikut

 
Copyright © 2010 Manuskrip , All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger