Manusia dan Teknologi

/ Kamis, 25 Agustus 2016 /

Dewasa ini kehidupan manusia tidak dapat lepas dari teknologi di sekitar mereka. Jadi... what, where, how, why, who and when adalah pembuka pertanyaan yang akan saya bahas dalam artikel ini.

WHAT
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia - wikipedia.com


WHERE
Jadi pada dasarnya, segala peralatan di sekitar kita yang mempermudah pekerjaan manusia bisa kita sebut teknologi. Misalkan, alat yang mempermudah memotong kertas, gunting | alat yang mempermudah memindahkan barang, gerobak atau mobil dan lain sebagainya. Maka perlu disadari bahwa teknologi tidak melulu mengenai teknologi digital yang kita kenal saat ini, mungkin untuk lebih mudahnya dapat saya bagi menjadi menjadi teknologi konvensional dan teknologi digital.

HOW
Seluruh umat manusia sudah seharusnya mampu menggunakan teknologi, karena pada hakikatnya teknologi hadir untuk mempermudah pekerjaan, bukan mempersulit pekerjaan. Khususnya untuk teknologi konvensional, maka seluruh manusia akan dapat menggunakannya untuk mempermudah pekerjaan dengan memerlukan sedikit pembelajaran. Sedangkan untuk teknologi digital memang diperlukan beberapa pembelajaran sebelumnya agar dapat menguasainya, misalkan pembelajaran membaca, mengenal icon, serta fungsional dari hardware tombol untuk akses device-nya. 

WHY & WHO & WHEN
Pada dasarnya setiap umat manusia menginginkan kemudahan dalam melakukan berbagai hal dalam hidup. Oleh karena itu, semakin banyak kebutuhan hidup dan makin beragamnya gaya hidup manusi maka teknologi akan selalu berkembang mengikuti perkembangan kehidupan manusia di dalamnya dulu, kini dan nanti.


Teknologi memang mempermudah pekerjaan manusia. Namun, dewasa ini kemajuan teknologi juga memberikan beberapa dampak negatif atas kemajuannya dan kenyamanannya, diantaranya :
  1. Gaya Hidup Glamor & cenderung konsumtif dengan berbagai teknologi yang menyertainya. Dapat kita temui di masa ini bahwa alasan seseorang untuk membeli suatu peralatan teknologi bukan karena adanya kebutuhan, tapi lebih kepada gengsi. Hal ini jelas kurang sejalan dengan sebab mengapa suatu teknologi tersebut tercipta yaitu jelas untuk membantu kerja manusia.
  2. Membuat gaya hidup anti-sosial. Kemajuan teknologi waktu berkomunikasi secara langsung dengan teman selalu dibarengi dengan ketikan jari diatas keyboard gadget.
  3. Pola hidup kapitalisme dengan segala bantuan diukur dengan uang. Misalkan, aplikasi teknologi digital yang berfungsi mengantarkan barang tertinggal di kantor ke rumah. Jauhnya tempat mengantar ini dinilai berdasarkan nilai uang.
Hemh... Pada dasarnya teknologi dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Semoga kedepannya memang dapat memberikan dampak positif bagi umat. 'amin.

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Jangan lupa follow blog ini :)

About


Buff - Planet Earth

Pengikut

 
Copyright © 2010 Manuskrip , All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger