Sekilas Pengenalan Prodi FITB 2011

/ Sabtu, 28 April 2012 /
Hari Sabtu, 28 April 2012 adalah hari yang cukup penting bagi mahasiswa FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) angkatan 2011. Kenapa saya katakan cukup penting? Karena pada hari ini terdapat sebuah agenda kegiatan yang cukup penting juga, untuk dapat menentukan arah, kemanakah jalan terbaik untuk meraih kesuksesan di masa depan.
Hari ini terdapat acara Pengenalan Prodi dari Fakultas. Acara ini sepertinya sudah merupakan acara tahunan. Acara yang memang dibuat untuk membantu para mahasiswa yang masih TPB, dalam menentukan pilihan jurusannya di tingkat-2 nanti. Jika kita melihat jadwal yang telah dibuat, seharusnya acara ini dimulai jam 07.00. Tapi sayang jam miliki orang Indonesia memiliki galat yang cukup besar, sehingga baru dimulai sekitar 07.45. Acara ini dimulai dengan pembukaan, yang ditandai dengan pembacaan bacaan 'Bismillahirohmanirrohim' oleh MC. Dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan dari Dekan FITB, yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bpk. Bambang. Dalam season penjelasan ini, kembali para mahasiswa FITB diingatkan untuk memilih pilihan jurusan dengan 'cerdas'. Beliau kembali memproyeksikan, hal yang sama seperti Pertemuan Prodi sebelumnya yaitu, jika seandainya kita memiliki IPK yang cukup tinggi yaitu : 2,8. Lalu kita tidak memilih dengan cerdas, maka bisa saja kita akan terlempar ke pilihan Ke-4 kita, yang notabene adalah jurusan yang paling tidak kita inginkan. Hal yang berbeda pada pertemuan kali ini, adalah adanya penayangan Persebaran IP FITB 2011 yaitu sebagai berikut :
  • 4 - 3,01 = 102 orang
  • 3,00 - 2,76  = 40 orang
  • 2,75 - 2,5 = 50 orang
  • 2,5 - 2,01  = 51 orang
  • 2,00 - 00,00 = 41 orang
Total = 284 orang
"Jadi kalian harus memilih dengan cerdas ya. Karena ini akan menentukan masa depan kalian di bidang akademik," kata bapak Bambang dalam sambutannya. Beliau juga memperlihatkan Hasil Quisioner Pertama dan Kedua yang telah kita isi sebelumnya. 
Hasil Quisioner 1 FITB 2011
Hasil Quisioner 2 FITB 2011
Keterangan :
120 : Geologi
128 : Meteorologi
129 : Oseanografi
151 : Geodesi dan Geomatika
Ke kanan adalah Pilihan 1,2,3,4
Menurut analisa beliau, hasil quisioner ini masih menunjukkan bahwa kita belum cerdas memilih. Kenapa? "Kita tahu bahwa Geologi adalah jurusan favorit, dengan pilihan satu saja sudah penuh. Sekarang kita lihat hasil quisioner kalian (sambil menunjuk ke arah slide presentasi) Di sana masih kita temukan pemilih Geologi di pilihan Kedua. Saya hal ini sangat sia-sia. Seharusnya di situ kosong, dan digunakan untuk memilih program study yang lain," bagitu kata bapak Bambang.

Hehm... Akhirnya sesi makan snack, penjelasan yang agak menegangkan selesai dan beberapa pertanyaan yang begitu menggebu dari mahasiswa FITB selesai. Acara ini belum selesai sampai di situ. Massa FITB lalu dimobilisasi ke pelataran GKU Timur, di sini mereka dipecah menjadi 4 kelompok, sesuai jumlah Prodi di FITB. Berikutnya massa FITB dibawa untuk berkeliling Laboratorium, kelas, dan diperkenalkan dengan secuil ilmu yang nantinya akan mereka dapatkan. Berikut rinciannya, dan foto-foto, sekaligus Slide presentasinya.

Prodi Oseanografi
Rombongan dibawa ke labtek biru. Di sini mahasiswa FITB mendapatkan pengarahan tentang apa itu Oseanografi, dari kakak2 angkatan. Suasana dalam pengarahan dibuat santai dan cukup menarik, sehingga tidak membuat para peserta menjadi bosan. Tenyata Oseanografi sangat dibutuhkan di Indonesia, karena sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan. Oseanografi berkutat dalam tiga hal :
  1. Pemodelan
  2. Survei
  3. Analisis data
"Bagian satu dan dua dapat dilakukan oleh mahasiswa dari jurusan lain. Kelautan, Sipil, Geodesi bisa melakukannya. Tapi keunggulan kita ada di bagian ke tiga yaitu analisis data. Mereka bisa bikin model pasang surut, arus laut dll, dari alat-alat. Trus habis itu ya udah. Mereka nggak akan bisa menginterpretasikannya, dan itulah tugas kita dari Prodi Oseanografi untuk mengartikan model tersebut", kata kakak angkatan dalam pengarahannya. Berikut slide presentasinya :

http://www.4shared.com/file/yYuyVnxh/Aplikasi_Oseanografi.html
http://www.4shared.com/file/Cj2dxfsb/Aplikasi_Pasang_Surut.html

Qoute yang menarik :
"Resiko kerja di laut emang besar, tapi terkadang hal tersebut akan sebanding dengan pendapatan yang akan didapat"
"Oseanografi ke lapangan sebenarnya cuma 1/2 kali selama kuliah di ITB (resminya). Tapi saat tingkat 3 dan 4 tergantung dosen pembimbingmu. Kalo dosen pembimbing punya banyak proyek, ya kamu bakal banyak ke lapangan buat bantu beliau"

Selain materi di atas, ada juga materi tentang Cara Menyelam. Inilah salah satu penyebab mahasiswa FITB, ragu untuk masuk prodi ini. Padahal tidak perlu takut, karena nantinya akan ada pelatihan khusus untuk dapat menyelam. Pasti ada step by step. Latihan menyelam ini juga dirancang, untuk menjaga ketahanan fisik mahasiswa Oseanografi agar dapat bertahan dalam  berbagai kondisi di lapangan. Berikut ini foto - fotonya :
Penjelasan tentang serba serbi Oseanografi ITB
Sekilas tentang menyelam
Prodi Geodesi
Mahasiswa FITB dimobilisasi menuju ke Prodi Geodesi dan Geomatika di dekat Plano dan Arsi. Di sini mahasiswa FITB mendapatkan pengarahan tentang apa itu Geodesi dan Geomatika, dari kakak2 angkatan. Suasana dalam pengarahan dibuat santai dan cukup menarik, sehingga tidak membuat para peserta menjadi bosan. "Geodesi dan Geomatika adalah ilmu Berikut slide presentasinya :

http://www.4shared.com/office/LUPKesQm/Pengenalan_TGG.html

Berikutnya mahasiswa FITB 2011 dibawa untuk tour Laboratorium. Di sinilah asyiknya, mereka dapat melihat alat2 milik prodi Geodesi dan Geomatika, bahkan dapat mencoba alat yang ada di sana. Berikut ini foto2 nya :
Alat2 Geodesi dan Geomatika

Alat2 Geodesi dan Geomatika

Cikal bakal Alat2 Geodesi dan Geomatika

Alat2 Geodesi dan Geomatika

Kunjungan Laboratorium Geodesi dan Geomatika

Salah satu alat untuk interprestasi peta

penjelasan dari kakak angkatan

Alat2 Geodesi dan Geomatika

Mencoba pakai alat2 Geodesi dan Geomatika
Prodi Geologi
Hemh... "FITB 2011 baris di depan aku, tundukkan kepala kalian", salah satu kata2 kakak angkatan yang terngiang di telinga para mahasiswa FITB. Agak berbeda dari pengenalan prodi di Prodi yang lain. Di sini, suasana dibuat agak kaku dan terkesan penuh aturan.
Pertama, mahasiswa FITB di bawa ke Laboratorium Petrologi. Petro= Batuan, Logi=Ilmu. Di sini mahasiswa FITB diperkenalkan dengan batuan2 yang ada di muka bumi. Di bagi menjadi 3 jenis, yaitu Batuan Beku, Sedimen dan Metamorf. Diperkenalkan juga mengenai Siklus Batuan, dan nilai ekonomis dari beberapa mineral dalam batuan. Laboratorium Paleontologi. Di sini mahasiswa FITB diperkenalkan tentang fosil dan kehidupan prasejarah masa lalu. Kegunaan fosil sebagai penentu umur suatu perlapisan batuan, atau sebagai penentu lingkungan pengendapan. Laboratorium Geologi Lingkungan. Di sini mahasiswa FITB mendapat penjelasan tentang Teknik Geologi, apa yang dipelajari dan bla... bla... bla... lainnya. Satu materi yang cukup menjadi perhatian adalah untuk masuk GEA ITB diperlukan 3 hal :
  1. Mental
  2. Fisik
  3. Ilmu
Mental dan Fisik ditaruh di depan ilmu, karena memang lapangan pekerjaan geologist adalah di lapangan, ditampilkan juga foto-foto tentang berbagai ekrusi lapangan yang akan dilakukan jika mahasiswa FITB masuk ke Prodi Geologi. Dari ekrusi pencarian batubara, penambangan minyak dll. Tapi sayang, foto dan slide tidak dapat ditampilkan di sini, karena tidak diperbolehkan meng-copy nya dari kakak angkatannya. Mental dan Fisik sangat ditekankan di Prodi ini, oleh karenanya mungkin pengenalan prodi di Prodi ini agak dibikin berbeda (agak kaku), agar mahasiswa FITB mendapatkan gambaran, Bagaimana gambaran suasana jika mahasiswa FITB masuk ke Prodi Geologi. Terakhir, mahasiswa FITB dibawa ke Lantai paling atas Gedung Lab. Geologi. Di sini, suasana memang kaku, materi yang disampaikan pun memang sangat menunjang untuk dibuat kaku, yaitu tentang Kemahasiswaan GEA ITB. Kakak angkatan memberikan penjelasan tentang Sejarah terbentuknya GEA dan pentingnya GEA untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Maaf nggak ada foto juga, karena emang suasana nggak mendukung :)

Prodi Meteorologi
Mahasiswa FITB dimobilisasi menuju ke Labtek Biru. Di sini mahasiswa FITB mendapatkan pengarahan tentang apa itu Meteorologi dari kakak2 angkatan. Suasana dalam pengarahan dibuat santai dan cukup menarik, sehingga tidak membuat para peserta menjadi bosan. Satu hal, dari  laboratorium Meteorologi yang mahasiswa FITB kunjungi, semuanya terhubung dengan IT yang HighTec. Bahkan prodi ini memiliki Super Komputer untuk membuat Prediksi Cuaca yang akurat (BMKG saja tidak punya). "Meteorologi terdari dari 70% Fisika dan 30% nya tentang IT dll. Di sini kalian akan belajar tentang kondisi fisik atmosfer (Suhu, tekanan, kelembapan) untuk memprediksi cuaca", kata kakak angkatan dalam presentasinya.

Quote menarik :
"Meteorologi di daerah lintang tinggi sangat diperhatikan, karena memang mereka menghadapi banyak kondisi atmosfer yang ekstrim, sedangkan di lintang rendah seperti di Indonesia suhu siang malam tidak terlalu beda jauh, kita hanya memiliki 2 musim, berbeda dengan mereka. Disinilah peran kita untuk memperkenalkan meteorologi pada masyarakat"

Berikut presentasinya :
http://www.4shared.com/file/O5EiWeJ3/hmme.html

Berikutnya mahasiswa FITB 2011 dibawa ke Taman Alat Meteorologi. Mahasiswa FITB diperkenalkan dengan alat2 meteorologi yang beragam. Berikut Foto2 nya :
Penjelasan Meteorologi
Mengunjungi Taman Alat Meteorologi


Penjelasan tentang Alat2 Meteorologi

Penjelasan tentang Alat2 Meteorologi
Okee... Seluruh rangkaian acara Pengenalan Prodi udah selesai. Di akhiri dengan makan2 dan bertemu dosen wali masing2... Hahaha
makan siang duluuu... :)

Silahkan berkomentar jika masih ada yang belum jelas. Anak Kebumian nggak mau pelit bagi ilmu kok :)

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Jangan lupa follow blog ini :)

About


Buff - Planet Earth

Pengikut

 
Copyright © 2010 Manuskrip , All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger